-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITASOLO.COM | Berita Solo Terbaru, Berita Solo Terkini Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    Follow us on

    Kapolda Jateng Ungkap Sejumlah Agenda Kamtibmas 2023

    BeritaSolo.com
    Kamis, 29 Desember 2022, 21:47 WIB Last Updated 2022-12-29T14:47:57Z

    BERITA SOLO | SEMARANG — Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memaparkan perjalanan Polda Jawa Tengah dalam menjaga Sitkamtibmas dan melayani masyarakat selama tahun 2022. Hal tersebut disampaikannya dalam Konferensi Pers Akhir Tahun 2022 di Gedung Borobudur, Mapolda Jateng pada Kamis, (29/12/2022).

    Turut hadir dalam acara tersebut, 20 pimpinan media dan 80 wartawan Jawa Tengah yang juga diikuti secara daring oleh seluruh Polres jajaran Polda Jateng itu.

    Mengawali paparannya, Kapolda meminta maaf apabila kinerja Polda Jateng selama tahun 2022 dirasa belum sesuai harapan masyarakat. Dirinya menegaskan komitmen Polda Jateng untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan memberikan pengabdian terbaik bagi masyarakat.

    Dalam paparannya, Kapolda secara umum menyampaikan bahwa Polda Jateng di tahun 2022 diwarnai dengan berbagai torehan prestasi dalam perannya sebagai representasi hadirnya negara di tengah masyarakat.

    "Selain itu, perjalanan Polda Jateng di tahun 2022 juga diwarnai dengan berbagai peristiwa penting sebagai indikator meningkatnya dinamika masyarakat," tuturnya.

    Kapolda menyebut pengendalian Covid 19 di Jateng yang menjadi role model secara nasional telah berhasil menempatkan Indonesia di peringkat atas dan diakui dunia.

    "Perjuangan melawan pandemi adalah usaha kita semua, pemerintah, tenaga kesehatan, TNI-Polri, dan seluruh elemen masyarakat. Semuanya turut berperan sehingga upaya pemulihan ekonomi dapat berjalan," ungkapnya.

    Dalam rangka menjaga stabilitas ekonomi di masyarakat, Polda Jateng juga berupaya mengantisipasi terjadinya kelangkaan bahan pokok dan BBM yang menjadi sorotan masyarakat melalui berbagai langkah yang ditempuh.

    "Diantaranya melalui himbauan pada masyarakat terkait perkembangan bapok dan BBM, menggelar FGD untuk menemukan scientific problem solving, patroli ke SPBU guna mencegah penyalahgunaan BBM subsidi, hingga Baksos bagi masyarakat yang membutuhkan," jelasnya.

    Polda Jateng juga berhasil mengawal sejumlah proyek vital Nasional yaitu Pembangunan Bendungan Bener Purworejo, Bandara Ngloram Blora, Kawasan Industri di Kendal dan Batang, hingga rencana pembangunan Tol Semarang-Demak.

    Selain itu, sejumlah kegiatan besar oleh masyarakat dan VVIP di Jawa Tengah juga berhasil berjalan lancar diantaranya Mudik Lebaran 2022, Muktamar Muhammadiyah dan Aisyah ke 48 di Surakarta, rangkaian kegiatan G20 di Magelang, Asean Paragames hingga pernikahan putra Presiden RI di Surakarta.

    Berdasarkan hasil anev Kamtibmas Polda Jateng, di tahun 2022 terjadi peningkatan crime total sebanyak 10 persen. Hal ini dinilai seiring dengan meningkatnya dinamika masyarakat dibanding tahun sebelumnya.

    "Sebelumnya selama PPKM kegiatan masyarakat dibatasi, tahun ini dengan ekonomi meningkat, kebutuhan meningkat, dinamika masyarakat meningkat, otomatis jumlah kejahatan juga meningkat. Namun peningkatan ini diimbangi dengan kinerja Polda Jateng dalam penyelesaian perkara selama tahun 2022 juga meningkat dibanding tahun lalu," ungkap Kapolda.

    Di tahun 2022, sejumlah kasus besar berhasil di ungkap oleh Polda Jateng dan jajarannya. Diantaranya peredaran narkoba jaringan internasional melalui Ops Bersinar Candi, penegakan hukum Khilafatul Muslimin, pembunuhan berencana di Ungaran, penembakan istri TNI di Banyunanik, kasus judi online Purbalingga dan Pemalang, penggerebekan pabrik uang palsu di Sukoharjo, penyalahgunaan BBM subsidi, kasus korupsi hingga Ilegal Minning.

    Sebagai bentuk penguatan organisasi dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Polda Jateng selama tahun 2022 juga meresmikan peningkatan tipe 3 Polres yaitu Pati, Cilacap dan Magelang, serta meresmikan pembentukan 14 subsektor.

    Sejumlah sarana dan prasarana juga diresmikan seperti pembangunan gedung dan peningkatan faskes beberapa rumah sakit Bhayangkara di jajaran Polda Jateng. 

    Di berbagai kesempatan, Polda Jateng dalam upaya menjaga kondusifitas Sitkamtibmas dan melayani masyarakat juga menampilkan sinergitas dengan berbagai instansi dan elemen masyarakat diantaranya Doa Bersama untuk Negeri, Apel Kebangsaan, Apel Gabungan kegiatan operasi, Jambanisasi di Wadas, silaturahmi ke sejumlah ulama di Jateng, serta Silaturahmi dengan Pimred dan jurnalis.

    Di penghujung paparannya, Kapolda menyampaikan ada 3 agenda besar kamtibmas Polda Jateng pada tahun 2023 yaitu Tahapan Pemilu 2023, Pertandingan Liga 1 dan 2 Indonesia, serta gelaran Piala Dunia U-20 di 3 stadion Jawa Tengah.

    Imam Santoso

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru