-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITASOLO.COM | Berita Solo Terbaru, Berita Solo Terkini Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Saat Dilanda Pandemik, Kodim 0716/Demak Canangkan Ketahanan Pangan

    BeritaSolo.com
    Kamis, 04 Februari 2021, 20.24.00 WIB Last Updated 2021-02-04T13:24:41Z
    Saat Dilanda Pandemik, Kodim 0716/Demak Canangkan Ketahanan Pangan

    BERITA SOLO ■ Guna menciptakan ketahanan pangan, Kodim 0716/Demak sulap lahan kosong menjadi lahan produktif melalui program pembinaan ketahanan pangan tahun 2021 yang dikemas dalam bentuk KRPL (Kawasan Rumah Pangan Lestari) yang berlokasi di Komplek Asrama Perumahan Komandan Kodim, Jln. Sultan Fatah Bogorame, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak Kota, Kamis (4/2).

    Dengan mencontoh program itu, masyarakat dapat memproduksi kebutuhan pangannya secara mandiri dengan memanfaatkan pekarangan rumah mereka, terutama saat menurunnya kondisi ekonomi akibat Covid-19 akhir-akhir ini. 

    Program KRPL ini merupakan pemberdayaan lahan yang menjadi percontohan bagi pembinaan ketahanan pangan ditingkat Koramil, bahkan sampai ke perumahan prajurit. Pembinaan ketahanan pangan perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya kesulitan dalam memperoleh ketersediaan bahan pangan, sehingga dengan program ini diharapkan dapat mencukupi kebutuhan pokok dan menciptakan ketahanan pangan skala rumah tangga.

    Pasalnya, selain jenis tanamannya mudah dijumpai, hasil panennya juga relatif bersahabat dengan selera makan. Lebih jauh lagi, bisa meningkatkan ketahanan pangan keluarga, bahkan jadi sumber pendapatan tambahan selama masa pandemi.

    Dalam kesempatan itu, Perwira Seksi Teritoral (Pasiter) Kodim 0716/Demak Lettu Chb Ajit Anggono selaku Koordinator KRPL mengatakan, program tersebut digagas sebagai langkah pembinaan Satuan dalam menciptakan ketahanan pangan di lingkungan prajurit.

    “Pemanfaatan lahan kosong merupakan salah satu program Kodim 0716/Demak untuk menyukseskan program ketahanan pangan yang di canangkan Pemerintah," kata Pasiter.

    “Hal ini bertujuan sebagai pelopor dan contoh bagi anggota Kodim maupun masyarakat sekitar agar memanfaatkan lahan untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari," imbuh Pasiter.

    Pasiter Kodim 0716/Demak pada kesempatan itu juga mengajak masyarakat bisa ikut serta memberdayakan lahan yang dimiliki untuk menyiasati dampak Covid-19.

    Saat Dilanda Pandemik, Kodim 0716/Demak Canangkan Ketahanan Pangan

    Terkait edukasi dan penerapannya kepada masyarakat, pihaknya nanti juga akan bersinergi dengan Pemkab Demak melalui instansi terkait seperti Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan.

    “Mari kita hijaukan pekarangan rumah dengan menanam berbagai macam sayuran maupun obat-obatan, selain rumah kita jadi asri juga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan keluarga," tambah Pasiter. (Pendim/Red)

    Comments

    Tampilkan

    BERITA TERBARU