-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITASOLO.COM | Berita Solo Terbaru, Berita Solo Terkini Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Follow us on

    Cuaca Jateng Hingga Besok Pagi, 7 Kabupaten Diminta Waspadai Dampak Hujan Lebat

    BeritaSolo.com
    Jumat, 10 Juni 2022, 22:22 WIB Last Updated 2022-06-10T15:22:45Z

    BERITASOLO.COM | SEMARANG — Sebagian wilayah Jawa Tengah berpotensi diguyur hujan lebat. BMKG mengeluarkan prakiraan cuaca berbasis dampak hujan lebat di wilayah Jateng.

    Data prakiraan yang berlaku hari Jumat (10/6) pukul 07.00 WIB hingga Sabtu (11/6) pukul 07.00 WIB, ada 7 Kabupaten/Kota yang terdampak hujan lebat dan masuk kategori waspada, yaitu:

    Demak : Gajah, Karanganyar, Wonosalam, Demak, Mijen
    Kudus : Undaan, Kaliwungu, Jati
    Magelang : Srumbung
    Kebumen : Karangsambung, Alian, Pejagoan, Sruweng, Kebumen, Poncowarno, Kutowinangun, Buluspesantren, Klirong, Rowokele, Ayah, Buayan
    Purbalingga : Kemangkon, Bukateja, Kejobong, Pengadegan, Rembang, Kaligondang, Purbalingga
    Banyumas : Tambak, Sumpiuh
    Cilacap : Nusawungu

    Sementara itu dari data BMKG stasiun Meteorologi Ahmad Yani, hingga petang Jateng diprakirakan umumnya hujan ringan, hal itu disebutkan dalam informasi cuaca yang berlaku hari ini pukul 07.00 - 19.00 WIB.

    "Pagi Umumnya Cerah-berawan. Siang-Sore/Awal malam: Umumnya hujan ringan hingga sedang. Potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi di wilayah Pegunungan hingga dataran tinggi, Pesisir selatan, Pantura tengah, Solo Raya, dan sekitarnya," kata prakirawan, Faruta Rachmawati dalam info cuacanya, Jumat (10/6/2022).

    Berikut prakiraan cuaca hari ini:

    Hujan ringan:
    Brebes, Salatiga, Tegal.

    Hujan sedang:
    Sragen, Grobogan, Blora, Rembang, Demak Ungaran, Pemalang, Slawi.

    Hujan ringan-sedang:
    Pati, Kudus, Jepara, Surakarta, Semarang, Pekalongan, Ambarawa.

    Hujan sedang-lebat:
    Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Temanggung, Kendal, Batang, Kajen, Magelang, Bumiayu, Majenang.

    Terkait hal tersebut, BMKG menghimbau Masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem (hujan lebat disertai kilat/petir dan diikuti angin kencang, dll) dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, puting beliung, pohon tumbang, dan jalan licin. 

    Prakirawan BMKG Jawa Tengah
    https://www.bmkg.go.id

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru