-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITASOLO.COM | Berita Solo Terbaru, Berita Solo Terkini Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Follow us on

    Minum Kopi Teratur Ternyata Mendukung Kesehatan Otak

    Redaksi
    Sabtu, 11 Juni 2022, 17:46 WIB Last Updated 2022-06-11T10:46:18Z

    BERITASOLO.COM | SOLO — Sebuah penelitian kecil menyebutkan bahwa Minum Kopi secara Teratur Ternyata Mendukung Kesehatan Otak.

    4. Dapat meningkatkan manajemen berat badan

    Menurut beberapa penelitian, kopi dapat mengubah penyimpanan lemak dan mendukung kesehatan usus, yang keduanya bermanfaat untuk manajemen berat badan. 

    Misalnya, satu ulasan dari 12 penelitian menyimpulkan bahwa konsumsi kopi yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh, terutama pada pria (14).

    Dalam penelitian lain, peningkatan asupan kopi dikaitkan dengan penurunan lemak tubuh pada wanita (15).

    Selanjutnya, satu penelitian menemukan bahwa orang yang minum satu hingga dua cangkir kopi per hari 17% lebih mungkin untuk memenuhi tingkat aktivitas fisik yang direkomendasikan, dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari satu cangkir per hari.

    Tingkat aktivitas fisik yang lebih tinggi dapat membantu meningkatkan manajemen berat badan.

    RINGKASAN

    Kopi dapat membantu mendukung manajemen berat badan dan mungkin terkait dengan penurunan lemak tubuh. Satu studi juga menemukan bahwa orang yang mengonsumsi kopi lebih cenderung aktif secara fisik.

    5. Terkait dengan risiko depresi yang lebih rendah

    Beberapa penelitian telah menemukan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah.

    Menurut satu ulasan dari tujuh penelitian, setiap cangkir kopi yang dikonsumsi orang per hari dikaitkan dengan risiko depresi 8% lebih rendah (17).

    Studi lain menemukan bahwa minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko depresi yang jauh lebih rendah, dibandingkan dengan minum hanya satu cangkir per hari (18).

    Terlebih lagi, satu penelitian pada lebih dari 200.000 orang menunjukkan bahwa minum kopi dikaitkan dengan risiko kematian akibat bunuh diri yang lebih rendah (19).

    RINGKASAN

    Beberapa penelitian telah menemukan bahwa kopi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah dan bahkan mungkin dikaitkan dengan risiko kematian akibat bunuh diri yang lebih rendah.

    6. Dapat melindungi terhadap kondisi hati

    Menariknya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat mendukung kesehatan hati dan melindungi dari penyakit.

    Misalnya, satu penelitian menemukan bahwa minum lebih dari dua cangkir kopi per hari dikaitkan dengan tingkat jaringan parut hati dan kanker hati yang lebih rendah pada orang dengan penyakit hati (20).

    Penelitian lain menunjukkan bahwa semakin banyak orang minum kopi, semakin rendah risiko kematian akibat penyakit hati kronis. Minum satu cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko 15% lebih rendah, sementara minum empat cangkir per hari dikaitkan dengan risiko 71% lebih rendah (21).

    Studi lain baru-baru ini menemukan bahwa konsumsi kopi dikaitkan dengan penurunan kekakuan hati, yang merupakan ukuran yang digunakan profesional kesehatan untuk menilai fibrosis, pembentukan jaringan parut di hati (22).

    RINGKASAN

    Konsumsi kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko kematian akibat penyakit hati kronis, bersama dengan kondisi lain, seperti jaringan parut hati dan kanker hati.

    7. Mendukung kesehatan jantung

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

    Faktanya, satu ulasan menemukan bahwa minum tiga hingga lima cangkir kopi per hari dikaitkan dengan penurunan 15% risiko penyakit jantung (23).

    Ulasan lain dari 21 penelitian menunjukkan bahwa minum tiga hingga empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko stroke 21% lebih rendah (24).

    Terlebih lagi, satu penelitian di lebih dari 21.000 orang juga menemukan bahwa peningkatan asupan kopi dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung secara signifikan (25).

    Namun, perlu diingat bahwa kafein dapat mempengaruhi tingkat tekanan darah. Oleh karena itu, orang dengan tekanan darah yang tidak terkontrol mungkin perlu membatasi atau memoderasi asupan kafein mereka.

    RINGKASAN

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi dapat dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, stroke, dan gagal jantung.

    8. Dapat meningkatkan umur panjang

    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi dapat membantu memperpanjang umur, berkat banyak potensi manfaat kesehatannya.

    Misalnya, satu ulasan dari 40 penelitian menyimpulkan bahwa minum dua hingga empat cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah, terlepas dari faktor-faktor seperti usia, status berat badan, dan konsumsi alkohol (27).

    Demikian pula, penelitian lain pada 1.567 orang menemukan bahwa minum kopi berkafein dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah setelah 12 dan 18 tahun masa tindak lanjut. Selain itu, minum setidaknya satu cangkir kopi per hari juga dikaitkan dengan risiko kematian akibat kanker yang lebih rendah (28).

    Menariknya, satu penelitian tabung menunjukkan bahwa kopi mampu secara signifikan memperpanjang masa hidup ragi dengan melindungi terhadap radikal bebas dan kerusakan DNA (29Trusted Source).

    Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah ini juga berlaku untuk manusia.

    RINGKASAN

    Kopi dapat dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah, terlepas dari faktor lain, seperti usia, status berat badan, atau konsumsi alkohol. Namun, lebih banyak penelitian diperlukan.

    9. Dapat meningkatkan kinerja atletik

    Kopi sering digunakan sebagai bantuan ergogenik oleh atlet yang ingin meningkatkan kinerja dan meningkatkan tingkat energi (30).

    Bantuan ergogenic juga disebut penambah kinerja.

    Satu ulasan dari sembilan penelitian melaporkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga meningkatkan daya tahan orang dan mengurangi pengerahan tenaga yang dirasakan, dibandingkan dengan kelompok kontrol (31).

    Studi lain pada 126 orang dewasa yang lebih tua menemukan bahwa minum kopi dikaitkan dengan peningkatan kinerja fisik dan kecepatan kiprah yang lebih cepat, bahkan setelah para peneliti menyesuaikan faktor-faktor seperti usia, lemak perut, dan tingkat aktivitas fisik (32Trusted Source).

    Selain itu, ulasan besar melaporkan bahwa konsumsi kafein moderat dapat sedikit meningkatkan output daya dan waktu penyelesaian uji coba waktu. Namun, hasilnya bervariasi, sehingga para peneliti juga mencatat bahwa kafein dapat memengaruhi orang secara berbeda (33).

    RINGKASAN
    Kopi dapat meningkatkan performa fisik dan daya tahan tubuh jika dikonsumsi sebelum berolahraga. Namun, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang beragam.

    Garis bawah
    Kopi adalah minuman populer yang telah dipelajari secara ekstensif oleh para peneliti karena banyak manfaatnya bagi kesehatan, termasuk kemampuannya untuk meningkatkan tingkat energi, meningkatkan manajemen berat badan, meningkatkan kinerja atletik, dan melindungi dari penyakit kronis.

    Perlu diingat bahwa beberapa orang mungkin perlu membatasi asupannya, termasuk orang yang sedang hamil atau menyusui, anak-anak dan remaja, dan orang dengan kondisi kesehatan tertentu (34).

    Namun, minum kopi secukupnya – sekitar tiga hingga empat cangkir per hari – telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan dan umumnya dianggap aman bagi kebanyakan orang dewasa (BERSAMBUNG) KLIK DISINI
    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru