-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITASOLO.COM | Berita Solo Terbaru, Berita Solo Terkini Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Follow us on

    Bank sentral China Mengharapkan Lebih Banyak Negara Untuk Menerima Yuan

    BeritaSolo.com
    Sabtu, 15 Agustus 2020, 17:32 WIB Last Updated 2020-08-15T10:32:40Z
       Bank sentral China Mengharapkan Lebih Banyak Negara Untuk Menerima Yuan

    BERITA SOLO ■  Bank sentral China mengatakan pihaknya mengharapkan lebih banyak negara untuk menerima yuan untuk pembayaran dan penyelesaian lintas batas di tengah kekhawatiran yang berkembang tentang eksposur tinggi negara itu terhadap dolar AS.

    Dalam laporan tahunannya tentang internasionalisasi yuan, yang dirilis pada hari Jumat, Bank Rakyat China memperkirakan "pertumbuhan cepat dan kuat" tahun ini terlepas dari dampak pandemik virus korona.

    Ekspansi semacam itu akan membantu mengkonsolidasikan momentum pertumbuhan yang terlihat sejak yuan ditambahkan ke keranjang mata uang Dana Moneter Internasional pada 2015.

    "Kami berharap lebih banyak pelaku pasar akan menerima yuan sebagai penyelesaian dan mata uang pembayaran," kata Chang, pejabat otoritas monoter negara tersebut.

    China sangat terpapar Sistem Pembayaran Antar Bank (CHIPS) Clearing House yang dipimpin AS dan Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication (SWIFT) yang berbasis di Belgia, yang berarti rentan terhadap sanksi AS, seperti yang dijatuhkan di Iran dan Rusia.

    Sebanyak 11 pejabat dari China daratan dan Hong Kong dimasukkan ke dalam daftar sanksi AS pekan lalu, karena persaingan antara dua ekonomi terbesar dunia terus meningkat.

    Bank milik negara China dengan operasi di luar negeri bisa menjadi target berikutnya jika mereka diketahui memiliki hubungan bisnis dengan pejabat yang terkena sanksi.

    Nilai total pembayaran dan penerimaan yuan lintas batas oleh bank atas nama klien naik 24,1 persen tahun ke tahun di 2019 menjadi 19,67 triliun yuan (US $ 2,83 triliun).

    Nilai cadangan global yuan naik 1,95 persen pada tahun itu menjadi terbesar kelima di dunia, sementara pangsa pasar perdagangan valuta asingnya adalah 4,3 persen.

    Laporan itu juga mengutip survei yang dilakukan oleh Bank of China yang mengatakan 69 persen dari 3.300 perusahaan industri dan komersial asing yang disurvei berencana untuk menggunakan atau meningkatkan penggunaan yuan.

    Indeks internasionalisasi yuan, yang dirilis oleh Universitas Renmin China bulan lalu, naik 13 persen tahun lalu menjadi 3,03 dan diperkirakan naik menjadi 5 pada paruh pertama tahun ini. Namun mata uang tersebut masih tertinggal dari dolar AS pada 50,85 dan euro pada 26,28.

    Bank sentral mengatakan akan terus menghilangkan hambatan untuk penggunaan yuan lintas batas, membuka pasar keuangan yang lebih luas bagi investor asing dan mempromosikan pengembangan pasar yuan luar negeri.

    Laporan tersebut menyoroti negara-negara yang terlibat dalam Belt and Road Initiative China, zona perdagangan bebas domestik, dan Area Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Makau sebagai negara yang memiliki potensi pertumbuhan paling besar.

    Ini juga memperkirakan perluasan pesat Sistem Pembayaran Antar Bank Lintas Batas China, yang diluncurkan pada 2015 dan sekarang digunakan di hampir 100 negara.

    Pada 2019, ia menangani 1,9 juta transaksi yuan lintas batas - meningkat 31 persen dari 2018 - sementara jumlah total yang terlibat naik 28 persen menjadi 33,9 triliun yuan.

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru