-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITASOLO.COM | Berita Solo Terbaru, Berita Solo Terkini Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Follow us on

    Babinsa Koramil 02/Taman Laksanakan Pengecekan Pompa Air Di Desa Kedung Banjar

    BeritaSolo.com
    Kamis, 30 Mei 2024, 16:33 WIB Last Updated 2024-05-30T09:33:34Z

    BERITA SOLO | TAMAN — Kodim 0711/Pemalang melalui Babinsa Koramil 02/Taman melaksanakan kegiatan dalam rangka mendukung pertanian di Indonesia, Kementerian Pertanian telah memberikan bantuan dalam bentuk pompa air kepada Poktan Berkah di Desa Kedungbanjar, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. 

    Babinsa Desa Kedung banjar Serda Kusmoro, telah melaksanakan pengecekan terhadap Pompa Baru Bantuan Kementan Tahun 2024 tersebut pada hari Kamis, tanggal 30 Mei 2024 .

    Poktan Berkah, yang dipimpin oleh Ketua Poktan Bapak Badrudin, memiliki nama resmi UTAMA 6 dan memiliki luas area sawah seluas 65 Ha. Pompa yang digunakan adalah Niagara 4 inc diesel 8,5 pk merk Kubota. 

    Dalam kegiatan pengecekan tersebut, Serda Kusmoro membantu memastikan kondisi pompa air dapat berfungsi sebagaimana mustinya dan menjelaskan prosedur penggunaannya.

    Menurut Kusmoro, pompa air merupakan peralatan yang sangat penting dalam kegiatan pertanian. Dengan pompa air yang baik, para petani dapat mengaliri sawah mereka sehingga tanaman dapat tumbuh optimal. 

    "Oleh karena itu, penggunaan dan perawatan yang tepat sangat diperlukan agar pompa air bisa bertahan lama," katanya.

    Selain menjaga kondisi pompa air, penting bagi para petani untuk memperhatikan kondisi sawah dan jenis tanaman yang ditanam. BP Sumanto, selaku PPL di wilayah tersebut, menyarankan agar petani melakukan rotasi tanaman dan memberikan pupuk secukupnya agar tanaman tumbuh dengan baik.

    Serda Kusmoro menyampaikan dan mengingatkan, bahwa penggunaan pompa air harus dilakukan dengan bijak dan tidak berlebihan, karena hal tersebut dapat menyebabkan pengeringan sumber air dan merugikan orang lain yang memanfaatkannya. Para petani juga diharapkan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar sawah, sehingga dapat mendukung kelancaran kegiatan pertanian dan kesehatan masyarakat.

    Diharapkan dengan adanya bantuan pompa air dari Kementerian Pertanian, petani di wilayah Desa Kedungbanjar dapat meningkatkan produktivitas pertanian mereka dan menciptakan sistem pertanian yang berkelanjutan. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilakukan dan dapat memberikan manfaat bagi pertanian di Indonesia," Pungkas beliau. (rl/Himawan)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru