-->
  • Jelajahi

    Copyright © BERITASOLO.COM | Berita Solo Terbaru, Berita Solo Terkini Hari Ini
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Follow us on

    Pulau Sepatu Terancam Longsor dan Banjir, Kodim Sragen Tanami Ratusan Pohon

    BeritaSolo.com
    Kamis, 07 Desember 2023, 21:22 WIB Last Updated 2023-12-07T14:22:12Z

    BERITA SOLO | SRAGEN Ada sebuah tanah kas milik Desa seluas 15 hektar yang berada di Dk. Ngadirojo, Ds. Sambungmacan, Kecamatan Sambungmacan, Kabupaten Sragen. 

    Tanah atau pekarangan tersebut berada di pinggiran sungai aliran Bengawan Solo dan dikelilingi aliran sungai sehingga membentuk sebuah pulau berbentuk sepatu, sehingga di namakan pulau sepatu. 

    Seiring berjalannya waktu karena sering tergerus aliran sungai pulau tersebut mengalami erosi dan semakin menyempit sehingga sungai menjadi lebar.


    Guna mencegah hilangnya pulau sepatu Kodim 0725/Sragen, sebelumnya sudah melakukan penanaman pohon ditempat tersebut, diantaranya 1000 pohon Eucalyptus dan 300 pohon Jati. 

    Hari ini, Senin (7/12), Kodim 0725/Sragen kembali melaksanakan penanaman ditempat tersebut sejumlah 300 pohon yang telah disiapkan untuk ditanam diantaranya pohon jati dan kelengkeng.

    Letkol Inf Yoga Yastinanda, S.I.P mengatakan, bahwa beberapa hari ini telah melaksanakan kegiatan karya bakti mulai dari Pembersihan pasar Bunder, Pembersihan selokan di Dk. Ngampunan Ngrampal dan hari ini penanaman pohon di pulau Sepatu Sambungmacan.

    "Kegiatan penghijauan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh satuan kewilayan Kodim Se Indonesia salah satu diantaranya adalah Kodim Sragen dalam rangka mengantisipasi bahaya banjir, dimana kita ketahui bersama bahwa saat ini masuk musim penghujan, untuk itu perlu diwaspadai, debit air di wilayah Kabupaten Sragen sangat tinggi dan curah hujan juga tinggi, sehingga kita memilih penghijauan di pulau sepatu Kecamatan Sambungmacan dimana kita menanam pohon jati dan kelengkeng," katanya.

    Unsur unsur yang terlibat dalam kegiatan hari ini yaitu dari Polres Sragen, Pemerintah Daerah, DLH, Dinkes, BPBD, Ormas, FKPPI, perguruan silat, karangtaruna dan warga masyarakat sekitar.

    "Harapan kami kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan masyarakat dapat memelihara tanaman yang telah kita tanam, sehingga proses erosi atau longsor dapat dicegah atau diminimalisir dampaknya," tutur Dandim. 

    Hal ini senada apa yang disampaikan oleh Ahmad Suparman dari BPBD Sragen, Ia menyambut baik kegiatan penghijauan dari Kodim Sragen. 

    "Terimakasih Kodim yang telah melaksanakan karya bakti penanaman di bantaran sungai Bengawan Solo ini, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mencegah erosi dan tanah longsor," katanya.

    Bayan Ariyani mewakili pemerintah Ds. Sambungmacan mengucapkan terimakasih. 

    "Semoga dengan adanya Penanaman pohon di pulau sepatu ini bisa mencegah tergerusnya pulau sepatu oleh aliran Bengawan Solo," pungkasnya. (agus)

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru